9:35 PM

(0) Comments

Chip Memory Transparan, Bertahan Hingga 10 Tahun

aipdam

Sebuah grup scientist di Korea Selatan telah membuat satu chip memory transparan yang non-volatile, yang dapat diaplikasikan di computer dan perangkat lainnya. Tim yang diketuai oleh Park Jae-woo dan Lim Koeng-su di Daejeon, Korea Advanced Institute of Science and Technology, mengungkapkan bahwa TRRAM (Transparent Resistive Random Access Memory) tersebut akan memperbanyak penggunaan semiconductor metal oksida (CMOS).

Chip CMOS telah banyak digunakan di device penyimpanan memory, USB, dan terus dikembangkan untuk membuat microprocessor, microcontroller, dan berbagai tipe dari sirkuit logic digital. TRRAM dibuat menggunakan film oksida transparent dan elektroda melalui board sirkuit plastic atau kaca. Chip memory yang baru ini dapat bertahan dalam sisi operasionalnya selama 10 tahun.

Park berpendapat bahwa produksi komersial chip memory transparent ini akan dimulai tiga hingga empat tahun mendatang, jika perusahaan mau untuk berinvestasi dalam proses manufaktur. Menurut Park, chip memory TRRAM ini akan membuka babak baru dalam pengembangan perangkat electronic dan mesin. Desain RAM tersebut sangat sederhana, terdiri dari film oksida dan elektroda di dalam kaca atau plastic, juga proses pembuatannya sama seperti untuk chip CMOS. (h_n)

Sumber : beritanet.com

0 Responses to "Chip Memory Transparan, Bertahan Hingga 10 Tahun"

Post a Comment